Khasiat Cabai Merah

Sabtu, 01 Mei 2010

Sambal, sepertinya telah menjadi bagian wajib dalam menu makanan masyarakat Indonesia. Sambal, yang berbahan dasar cabai merah, memang berkhasiat sebagai simultan untuk menambah nafsu makan.

Selain itu, tanaman yang berasal dari Amerika tropis ini memiliki beberapa manfaat kesehatan. Cabai yang terasa pedas dan panas di lidah ini berkhasiat sebagai peluruh keringat (diaforetik), perangsang kulit, dan sebagai obat gosok. Bagian yang sering digunakan sebagai obat adalah buah dan daunnya.

Untuk obat yang diminum, rebus atau keringkan 0,5-1 gram buah, lalu haluskan sampai menjadi serbuk. Untuk pemakaian luar, rebus 0,5-1 gram buah, lalu air rebusannya digunakan sebagai obat kompres. Selain itu, buah cabai dapat dicampur dengan bahan lain untuk obat gosok. Getah daun muda digunakan untuk pengobatan luka, bisul, dan sakit gigi.

Untuk mengobati rematik, cara pemakaiannya sebagai berikut: seduh 10 gram serbuk buah cabai merah dalam 1/2 gelas air panas. Aduk sampai rata dan diamkan beberapa menit. Hasil seduhannya dibalurkan pada bagian tubuh yang sakit.

Selain itu, cabai juga dapat digunakan untuk mengobati luka dan bisul. Caranya, oleskan minyak sayur pada beberapa helai daun cabai, lalu layukan di atas api kecil. Tempelkan daun cabai tersebut selagi hangat pada bagian kulit yang terluka.

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
 
 
 
Copyright © StarMoon