Menghancurkan Kolesterol dengan Makanan?

Sabtu, 01 Mei 2010 Kolesterol merupakan satu masalah kesehatan yang cukup serius dan membuat kita harus membatasi apa saja yang bisa kita makan. Namun untuk mencegah tingginya kolesterol dalam tubuh ada solusinya. Coba saja konsumsi lima jenis makanan sehat berikut!

1. Almond
Berdasarkan hasil studi, mengkonsumsi seperempat cangkir almond sehari dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat) hingga 4.4%. Menurut Leslie Bonci (Director of sports nutrition at University of Pittsburgh Medical Center) , dengan mengkonsumsi kacang-kacangan khususnya almond sangat baik karena kandungan lemak tak jenuh tunggal almond jauh lebih baik dibandingkan dengan camilan rendah lemak seperti pretzel. Tentu saja, kalori yang terkandung pun cukup tinggi, sebaiknya konsumsi dalam jumlah sedikit dan sajikan dengan cara di sangrai tanpa menggunakan minyak.

2. Oatmeal

Sudah banyak iklan yang mengatakan kalau mengkonsumsi hot cereal setiap hari dapat menurunkan kolesterol. Hal ini bukan omong kosong belaka, menurunnya kolesterol ini karena kandungan serat larut yang tinggi pada oatmeal. “Serat larut inilah yang menyerap kolesterol dalam tubuh dan melarutkannya keluar dari bersama dengan kotoran,” jelas Bonci.
3. Ikan
Asam lemak omega-3 adalah salah satu lemak yang baik untuk tubuh. Asam lemak omega-3 ini banyak sekali ditemukan pada ikan, khususnya salmon, halibut, dan juga tuna. Menurut Lisa Dorfman, untuk mendapatkan 1,5 hingga 3 gram omega -3 perhari sebaiknya Anda mengkonsumsi sekitar 4 ons salmon, sehingga kebutuhan 3 gram omega-3 perhari terpenuhi. Untuk mendapatkan asam lemak sejenis Anda juga bisa mengambilnya dari walnut ataupun minyak ikan yang banyak dijual dipasaran. Meskipun hasilnya tidak seoptimal saat Anda mengkonsumsi salmon langsung.

4. Red Wine
Segelas red wine ternyata mengandung flavanols, yang terbukti sebagai anti-inflammatory atau peradangan yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dan juga menjaga jantung Anda. “Tapi tentu saja minum red wine ini dengan sedikit aturan, untuk wanita sebaiknya satu gelas sehari dan untuk pria dua gelas. Lebih dari itu justru bukan manfaat yang didapat,” tutur Bonci. Flavanols juga bisa ditemukan dalam buah anggur merah atau jus dan juga dark cocoa.

5. Kedelai
Kacang kedelai, edamame, ataupun olahan yang terbuat dari kedelai seperti tahu, susu kedelai dapat membantu menurunkan dan mencegah timbunan kolesterol baru. Sekitar 25 gram protein kedelai perhari (atau sekitar secangkir edamame ) cukup memenuhi kebutuhan protein yang diperlukan oleh tubuh. Dan apabila Anda berisiko terkena kanker payudara atau kanker prostat mungkin sebaiknya sedikit mengurangi dari jumlah yang dianjurkan, karena kedelai dapat memicu hormon estrogen bekerja lebih banyak.

Dengan rajin mengkonsumsi makanan diatas kolestrol turun dan tubuh pun jadi sehat! (sumber: detik.com)

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
 
 
 
Copyright © StarMoon